ADdiction

Muncul Iklan Jual Surat Bebas Covid-19, e-Commerce Geger

Addiction.id-Jakarta. Di tengah larangan mudik saat pandemi virus corona, muncul penjual nakal yang memperjualbelikan surat bebas Covid-19 palsu di platform belanja online.

Juga melalui iklan online, surat ini dibanderol dengan harga Rp70 ribu hingga Rp39 juta, lengkap dengan kop surat salah satu rumah sakit swasta.

Platform belanja online Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak mengakui menemukan surat  tersebut dijual di platformnya. Namun, ketiganya langsung menurunkan atau menghapusnya.

“Saat ini, kami telah menindak produk dan/atau toko yang dimaksud sesuai prosedur,” ujar Ekhel Chandra, External Communications Senior Lead Tokopedia, Kamis (14/05).

Lalu Head of Corporate Communications Bukalapak Intan Wibisono mengatakan, Bukalapak pun telah menghapus surat bebas Covid-19 dari platform.

“Karena produk ini melanggar syarat dan ketentuan berjualan di Bukalapak, maka kami take down. Kami memiliki aturan yang secara jelas melarang penjualan produk yang melanggar aturan hukum yang berlaku,” jelas Intan.

Demikian pula dengan Shopee. “Untuk saat ini penjual sudah ditindak tegas oleh Tim Shopee. Tim Shopee akan lakukan quality control secara berkala & menindaklanjuti penjual yang melanggar aturan komunitas Shopee. Kamu juga bisa bantu laporkan pengguna kalau ada kejanggalan ya,” tulis Shopee di Twitter-nya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, mengatakan pihaknya akan menindak tegas penjual surat tersebut.

Perihal surat bebas Covid-19, kata Johnny, itu urusan dokter dan jangan diperdagangkan. “Kalau diperdagangkan, usaha kita untuk mengatasi memutus mata rantai Covid-19 menjadi bermasalah dan terkendala. Jangan sampai,” tandasnya.

Sementara itu, kepolisian telah menangkap ketujuh tersangka penjual surat palsu tersebut. Menurut  Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes (Pol) Ahmad Ramadhan, motivasi para pelaku adalah untuk memperoleh keuntungan ekonomi, Jumat (15/05). (LH)

About author

Related Articles