ADdiction

Mewakili Indonesia di Dunia, Inivasi Qlue Bantu Hadapi Covid-19

Addiction.id-Jakarta. Qlue menjadi finalis di Extreme Tech Challenge (XTC) 2020, sebuah kompetisi startup terbesar di dunia yang berupaya mengatasi tantangan global.

Startup layanan ekosistem smart city ini berhasil menjadi finalis untuk dua kategori sekaligus, yakni kategori smart cities dan inovasi COVID-19.

Sebagai informasi, di tahun ini, XTC memilih 52 finalis dari 2.419 peserta dari 87 negara.

Founder dan CEO Qlue Rama Raditya mengatakan, Qlue sejak awal berupaya mengakselerasi perubahan positif di dunia, melalui teknologi smart city berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), Internet of Things (IoT), dan mobile workforce. Harapannya,  warga, pemerintah, dan bisnis bisa lebih efektif dalam bekerja.

“Ini merupakan kabar positif untuk Qlue di tengah pandemi. Kami percaya jika startup-startup di Indonesia tidak kalah dengan startup-startup di negara lain,” tutur Rama, Rabu (17/06).

“Ini adalah pengakuan atas hasil kerja keras kami mengimplementasikan teknologi smart city dan menciptakan solusi inovasi untuk menghadapi pandemi COVID-19 di Indonesia. Kami berharap melalui XTC 2020 bisa membawa nama Indonesia ke level yang lebih tinggi di mata internasional, dan membuka peluang bisnis yang lebih baik di tingkat global,” sambungnya.

Qlue akan mewakili Indonesia untuk mengikuti beberapa sesi virtual bootcamp di bulan ini bersama dengan finalis lainnya dan mengikuti final global pada 15 Juli mendatang.

Diketahui, saat ini Qlue fokus menginovasi teknologi berbasis AI, IoT, dan mobile workforce untuk membantu pemerintah dan sektor swasta dalam menghadapi pandemi COVID-19 dan menyongsong new normal.

Beberapa di antara kegunaannya, aplikasi QlueApp memberi informasi perihal rumah sakit penuh, kelangkaan alat medis, kerumunan warga, suspect COVID-19, bantuan sembako, dan potensi mudik.

QlueApp juga menjadi kanal pendaftaran untuk warga yang ingin menjadi relawan COVID-19. Pun bisa mengadukan konten hoax perihal disinformasi perihal pandemi. Dengan fitur QlueThermal, aplikasi ini bisa mendeteksi suhu tubuh. Selain itu juga menyediakan aplikasi manajemen tenaga kerja, QlueWork.

(LH)

About author

Related Articles