ADdiction

Mengintegrasikan WhatsApp, Sirclo Chat Akomodasi Keperluan Berbisnis

Addiction.id-Jakarta. Penyedia jasa e-commerce Sirclo meluncurkan produk barunya, Sirclo Chat. Produk ini diharapkan mampu membantu pemilik brand dan pengusaha kecil menengah melakukan jual beli di percakapan WhatsApp.

“Kami menyiapkan layanan Sirclo Chat yang memungkinkan penjual untuk mengintegrasikan dan menampilkan katalog produk mereka dalam chat room WhatsApp, dimana konsumen dapat langsung melakukan pembelian tanpa berpindah aplikasi,” tutur Chief Executive Officer Sirclo Brian Marshal, melalui keterangan tertulisnya, Minggu (20/9/2020).

Pertimbangan memilih WhatsApp yakni lantaran disebut sebagai aplikasi kedua terbanyak yang digunakan oleh masyarakat Indonesia, berdasarkan Digital 2019 Report dari Hootsuite dan We Are Social.

Diketahui total akun aktifnya ada 150 juta akun. Disebut pula satu orang bisa memegang beberapa akun aktif. Jumlah pengguna WhatsApp diperkirakan menembus hingga 120 juta orang.

Kepopuleran WhatsApp membuat konsumen menginginkan admin toko online untuk bersikap responsif dan akomodatif di WhatsApp. Berangkat dari tren ini, chat commerce atau transaksi jual-beli berbasis percakapan semakin dipertimbangkan. Semakin baik respons admin WhatsApp, semakin praktis proses jual-beli. Bahkan, kepercayaan dan kepuasan konsumen pun ikut meningkat.

“Pada dasarnya, konsumen Indonesia menyukai transaksi jual-beli dengan sentuhan personal. Mereka ingin bertanya-tanya langsung mengenai spesifikasi produk, mekanisme pengiriman, dan hal-hal lain yang mungkin lebih rumit jika dilakukan via kanal e-commerce,” kata Chief Product Officer Sirclo Leontius Pradhana.

“Oleh karena itu, kami menghadirkan Sirclo Chat dalam rangka membantu brand dan bisnis lokal di Indonesia agar dapat melayani konsumen secara lebih baik. Melalui layanan ini, para klien Sirclo dapat menjangkau basis konsumen yang lebih luas, mempersingkat waktu penyelesaian transaksi, serta menjalin hubungan dua-arah yang menyenangkan dengan konsumen mereka,” sambung dia.

Sebagai informasi, ada tiga fitur utama di Sirclo Chat yang diintegrasikan dengan WhatsApp.

Pertama, dashboard yang terintegrasi yang memungkinkan klien bisa meng-update katalog dan inventaris produk hingga merespons pesan pesan.

Kedua, transaksi dalam aplikasi dan ketiga, notifikasi yang akan memberi informasi kepada pembelis tentang status pesanan hingga konfirmasi penerimaan barang.

“Sebagai perusahaan ecommerce enabler terdepan di Indonesia, prinsip utama Sirclo adalah untuk terus bertumbuh dan berinovasi sesuai tantangan zaman. Kami selalu melihat perkembangan tren dan berupaya menghadirkan layanan baru yang dapat membantu klien-klien kami untuk berjualan online dengan lebih baik,” ujar Brian.

(LH)

About author

Related Articles