ADdiction

Manfaat AI di Industri Perikanan

Addiction.id-Jakarta. Memberdayakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dinilai efektif untuk membantu para pelaku industri periklanan. Mereka bisa lebih mudah mengidentifikasi pelanggan potensial hingga mengidentifikasi cara paling efektif untuk menyampaikan pesannya, dikutip dari Forbes, Kamis (18/6).

AI Optimalkan Pengeluaran Pengiklan

AI bisa membantu para pengiklan menentukan anggaran optimal untuk kampanye. Dengan terus mengawasi banyak ruang (iklan) dan memantau kinerja kampanye, sistem AI bisa mengetahui biaya, waktu, dan sarana optimal untuk promosi iklan.

Sistem ini bisa mengidentifikasi ruang mana yang tepat untuk mengiklan, pesan dan target yang tepat, bahkan menyesuaikan rencana pengeluaran iklan.

Sistem AI ini pun bisa melacak kampanye pesaing pengiklan, selain melacak kinerja kampanye pengiklan.

Sekadar informasi, sistem ini mampu menjelaskan beragam faktor yang tidak bisa dianalisis secara efektif oleh manusia, seperti membuat rencana pengeluaran iklan yang begitu rumit agar pengiklan berkampanye dengan tepat.

Penggunaan AI dinilai tepat untuk menyesuaikan perubahan pasar dan polanya yang kian cepat, demikian pula dengan pola konsumsi masyarakat. Oleh karenanya, internet dan platform periklanan bisa mengoptimalkan iklan, menimbang banyaknya data yang ada, khususnya target pasar.

AI Untuk Membuat Iklan

AI bisa menghemat banyak dalam membuat iklan, atau bisa juga membantu memandu konten–dengan menyarankan konten yang memiliki tingkat respons yang lebih baik.

Sejumlah media sosial merilis alat bantu berbasis AI untuk membantu pengiklan membuat pesan yang lebih optimal, seperti di Facebook  dan Instagram. Selain membantu membuat iklan, masing-masing media sosial ini memberi pengiklan untuk bervariasi dalam mencapai targetnya.

Sejumlah perusahaan juga tengah mengupayakan hal yang sama. Ada di antaranya yang bertujuan untuk mengoptimalkan konten iklan, sementara yang lain berfokus pada pengoptimalan pengeluaran iklan dan penargetan saluran.  Ada pula yang sudah sepenuhnya otomatis mengidentifikasi audiens, menargetkan pasar, membuat konten, menawar iklan, dan menempatkannya secara mandiri.

Sistem AI kini digunakan untuk memoderasi dan memantau konten iklan secara otomatis. Pun sistem ini telah membantu mengurangi jumlah iklan palsu atau iklan yang melanggar aturan platform atau komunitas.

Lebih lanjut, AI bisa mengubah industri periklanan. Ia membantu mengubah cara perusahaan mempromosikan iklan, meningkatkan relevansi, dan memantau kualitas iklan tersebut. Dengan iklan yang lebih relevan dan efektif, AI membantu pengoptimalan iklan di sisi klien dan pihak agensi. Lalu pelanggan pun menjadi lebih damai dengan kemunculan iklan tersebut.

(LH)

About author

Related Articles