ADdiction

Lewat Iklan, Pemasukan Instagram Seperempat Lebih Besar dari Facebook

Addiction.id-Jakarta. Selama 2019, Instagram memperoleh pemasukan dari iklan sebesar US$ 20 miliar atau setara dengan Rp 273 triliun. Angka itu melampaui pencapaian YouTube yang mendapat US$ 15,15 miliar atau Rp 207,5 triliun.

Pemasukan dari Instagram itu lebih dari seperempat pemasukan iklan Facebook–yang mencapai US$ 70,7 miliar atau setara dengan Rp 966 triliun. Demikian sebagaimana dikutip dari Business Today, Rabu (5/2).

Padahal Instagram belum punya skema monetisasi saat diakuisisi Facebook. Sayangnya, perusahaan tidak membeberkan secara mendetail terkait perbandingan pendapatan iklan dari Instagram pada tahun lalu.

The Motley Fool mengatakan pendapatan iklan Instagram pada 2018 diperkirakan US$ 8 miliar hingga US$ 9 miliar.

Diketahui, sejak 2012 Facebook mengakuisisi Instagram senilai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13,6 triliun. Sementara, perkiraan keuntungan Instagram disebut-sebut mencapai US$ 100 miliar atau Rp 1.371 triliun pada 2018.

Berbeda dengan YouTube. Biaya untuk mengakses konten Instagram relatif lebih murah. Pasalnya, kuota internet yang harus dikeluarkan pengguna saat menonton video di YouTube lebih besar daripada Instagram, yang konten-kontennya berupa foto dan video.

Kendati begitu, Departemen Kehakiman Amerika Serikat sedang menyelidiki dugaan monopoli Facebook. Sebagaimana diketahui, Facebook memiliki beragam platform seperti Instagram, WhatsApp, Facebook Messenger, dan lainnya. Pendirinya, Mark Zuckerberg, bahkan berupaya mengintegrasikan platform tersebut. (LH)

About author

Related Articles