ADdiction

Kemenparekraf Rilis Panduan Terbaru untuk Para Pelaku Ekonomi Kreatif

Addiction.id-Jakarta. Pandemi Covid-19 berdampak pada segala sektor kehidupan di negara, termasuk sektor ekonomi kreatif. Terlebih saat pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang berimbas pada tersendatnya perekonomian.

Demi mendongkrak keadaan perekonomian, kebijakan lantas diubah. New normal diberlakukan dan perekonomian perlahan mulai membaik, seiring dengan kembalinya kegiatan di sektor ini.

Juli ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) merilis panduan terbaru untuk para pelaku di sektor ekonomi kreatif, yaitu Panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan.

Panduan ini berpacu pada Keputusan Menteri Kesehatan dan Organisay Kesehatan Dunia (WHO) tentang protokol pencegahan dan pengendalian virus corona SARS-CoV-2, penyebab Covid-19.

Adapun panduan ini ditujukan untuk para pengelola, karyawan hingga klien. Sehingga seluruh elemen ini bisa menjalankan kegiatannya untuk memenuhi kebutuhan akan produk dan jasa di sektor ini secara bersih, sehat, dan aman selama pandemi.

Tak hanya mereka, panduan pun bisa menjadi acuan bagi Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota serta asosiasi usaha dan pelaku di bidang ekonomi kreatif dalam melakukan sosialisasi, edukasi, hingga evaluasi dalam penerapan protokol, demi meningkatkan kepercayaan para pihak atas reputasi para pelaku di sektor ekonomi kreatif.

Dengan hadirnya pedoman ini, semua pelaku ekonomi kreatif bisa beradaptasi. Menata kembali keseluruhan proses kerja, dan menyesuaikannya dengan kondisi pandemi. Sehingga, seluruh bagian ekosistem ekonomi kreatif Indonesia kembali berjalan dan mulai bersinergi untuk kemajuan ekonomi kreatif Indonesia.

Lebih lanjut, isi buku panduan ini menyertakan panduan umum dan panduan khusus sub-sektor, termasuk periklanan. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan klik tautan ini. https://drive.google.com/drive/folders/1M_2UWVWq3yGCaIEboxfyieK-JRFt8c6B?usp=sharing

About author

Related Articles