ADdiction

Jangan Ragu, Bisnis Lewat Daring Ternyata Mudah

Addiction.id-Jakarta. Pandemi Covid-19 telah memengaruhi segala aspek kehidupan manusia. Akibat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), banyak orang yang harus melakukan kegiatan sehari-hari dari rumah. Belanja kebutuhan pokok, salah satunya. Kegiatan ini bisa dilakukan secara daring atau online.

Berbisnis lewat daring tentu menjadi peluang bagi siapa saja yang ingin memulai atau memperluas dan mempertahankan bisnisnya di masa sulit ini, termasuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM).

Sebagaimana diketahui, mereka yang masih berbasis luring atau offline kerap kehilangan pelanggan di masa pandemi. Oleh karena itu, mereka disarankan untuk segera  beralih ke platform daring untuk mempertahankan bisnisnya.

Menurut Country Director Facebook Company Indonesia Pieter Lydian, memulai bisnis daring bukanlah hal sulit. Ia menyebut, ada tiga hal yang perlu dilakukan.

Pertama, betulan memulai usaha alias praktikan di lapangan.

“Seringkali, kita ingin mulai bisnis tapi gak pernah memulai. Hanya sebatas keinginan tapi tidak pernah diwujudkan. Jadi jangan ragu-ragu,” lanjutnya Pieter, saat diskusi daring bertajuk “Tips Bisnis bagi UMKM untuk Menghadapi New Normal”, Sabtu (20/06) malam.

Kedua, lanjut Pieter, adalah pahami tujuan bisnis. “Mesti mengerti bisnisnya akan dibawa ke mana,” katanya.

Ketiga, pebisnis mesti tahu siapa target pemasarannya.

About author

Related Articles