ADdiction

Industri Periklanan Semakin Berkembang, Peran Kampus Dibutuhkan

Addiction.id-Jakarta. Persatuan Perusahaan Periklanan (P3I) berupaya menjembatani pihak kampus dan industri. Upaya ini ditujukan untuk menemukan para praktisi yang bersedia berbagi ilmu di kampus, serta memperbanyak peluang magang untuk mahasiswa.

Upaya tersebut dilatarbelakangi oleh cepatnya perkembangan industri periklanan, namun tidak dibarengi dengan mumpuninya para praktisi iklan atau dosen di kampus. Padahal, sebagai perguruan tinggi yang mencetak lulusan jurusan komunikasi–khususnya periklanan, seharusnya bisa beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan di industri periklanan.

Lebih lanjut, kebutuhan sumber daya manusia (SDM) kreatif yang berkecimpung di bidang strategic consultant, content, creative, hingga social creative thinking menjadi hal yang penting.

Maka dari itu, Ketua P3I Janoe Arijanto mengatakan, guna mengakomodir perkembangan industri periklanan yang pesat, ada mata kuliah yang mesti ditambahkan.

“Untuk mengakomodir bisa menambahkan mata kuliah yang terkait dan memperbanyak peluang magang,” katanya saat workshop daring, Jumat (23/10) seperti dikutip dari Republika.

Janoe mengatakan, siswa magang perlu memiliki minat yang dalam terhadap pekerjaan yang ditekuninya. Hal itu akan memunculkan kreativitas yang dibutuhkan dalam menyelesaikan proyek atau instruksi dengan baik.

Janoe pun mengatakan bahwa pihaknya akan mencanangkan perusahaan periklanan yang menampang mahasiswa magang. Sehingga kebutuhan kampus terhadap tempat magang bisa terakomodasi.

Untuk diketahui, saat ini industri periklanan menghadapi kendala dalam menemukan talenta potensial. Mahasiswa yang mengajukan magang sering kali tak sesuai dengan ekspektasi perusahaan atau kebutuhan industri.

(LH)

About author

Related Articles