ADdiction

Iklan Khong Guan Terbaru, Netizen Sebut Iklan Lebaran Terbaik

Addiction.id-Jakarta. Biskuit Khong Guan memiliki tempat khusus di hati para penikmatnya. Di momen spesial seperti Idul Fitri atau Lebaran, biskuit ini kerap menjadi sajian favorit keluarga.

Atau paling tidak, kaleng biskuit ini biasanya mejeng di rumah. Entah isinya rengginang, kerupuk, atau yang lainnya. Banyak warganet yang mengangkat momen ‘zonk’ ini menjadi meme kocak.

Meme seputar biskuit ini memang sering berseliweran di jagat internet, dari momen ‘zonk’ tadi hingga lukisan di biskuit tanpa ayah. Tak heran bila biskuit Khong Guan selalu diingat di benak banyak orang.

Baru-baru ini, iklan terbarunya yang bertajuk “Seboeah Kenangan Manis” sempat viral di Twitter pada Rabu (20/5). Dengan gaya animasi dan skenarionya yang ciamik, para pemirsa dibuat terpukau.

Salah satunya akun Twitter @pipis yang turut mengomentari iklan ini. Ia mengunggah iklan videonya, berikut dengan captionnya.

Yang bikin iklan Khong Guan makin keren itu teknik animasinya. Meski mengambil inspirasi dari anime, tapi tetap sarat dengan kearifan lokal. Bahkan karakternya Indonesia banget,” tulisnya, Rabu (20/05).

Hingga Kamis (21/5), cuitan ini telah di-retweet 27.300 kali dan disukai 53.100 kali.

Akun @WatchmenID pun turut mengunggah ulang unggahan @pipis. Sang Admin bahkan menyebut iklan ini sebagai iklan lebaran terbaik. Di captionnya, Admin menulis, “Iklan lebaran tahun ini yang menang fix Khong Guan nih?”

Ribuan komentar lain pun berseliweran.

Iklan ini ternyata digarap oleh studio animasi dari Indonesia, Solar Studio di Surabaya. 

Studio ini mulai menggarap iklan tersebut sejak Februari 2020. Ide cerita dan briefing kreatif didapat dari pihak agensi Khong Guan Jakarta.

“Idenya dalam rangka 50 tahun Khong Guan, menunjukkan kisah sebuah biskuit yang bisa menghubungkan 2 masa. Tetap hadir dari generasi kakek2 sampai generasi muda,” kata Yon Tanto Co-Founder Solar Studio, Rabu (20/5).

Melalui iklan ini, jelasnya, Khong Guan menunjukkan bahwa produknya sudah menjadi bagian kisah hidup dan kehangatan keluarga Indonesia dari masa ke masa, khusunya lebaran.

Lebih lanjut, Yon mengaku menghadapi sejumlah tantangan ketika tim harus bekerja secara remote, akibat pandemi virus corona.

“Kesulitan dalam proses pembuatan pasti ada, baik dari segi teknikal dengan resource yang terbatas, maupun karena faktor eksternal yaitu pandemi yang mengharuskan tim bekerja work from home. Kami masih perlu membiasakan berkomunikasi secara remote,” terangnya. 

“Tim kami beruntung mempunyai Rahadyo Widyastomo selaku studio manager yang bisa menghandle situasi luar biasa ini dengan baik, dengan Art Director Henry Tanuwijaya (yang juga webtoonist dan ex square enix), juga Erel Maatita sebagai lead environment artist, Septian Setyobudi sebagai lead animator dan special effects,” pungkasnya. (LH)

About author

Related Articles