ADdiction

Iklan Jual Gedung DPR Bermunculan di Platform Belanja Online

Addiction.id-Jakarta. Gedung DPR RI sempat dijual di sejumlah platform belanja online, seperti Tokopedia dan Shopee, pada Rabu (07/10) lalu.

Seorang pelapak di Tokopedia menawarkan penjualan gedung wakil rakyat dan isinya. Dalam deskripsi penjualannya, pelapak menulis, “Dijual Gedung DPR beserta Anggota Rp 1.000.”

Sementara di Shopee, gedung lembaga legislatif itu dijual dengan kisaran harga dari Rp10 ribu hingga Rp99 ribu. Pada deskripsinya, ada pelapak yang menuliskan, “GEDUNG 80% MASIH BAGUS MINUS ISINYA SUDAH BOBROK.”

Namun, iklan jual Gedung DPR di Tokopedia sudah tidak ada per Kamis (08/10) ini.

Munculnya iklan jual itu merupakan respons atas pemerintah dan DPR yang mengesahkan Omnibus Law klaster Ketenagakerjaan atau UU Cipta Kerja di awal pekan ini.

Pihak Tokopedia mengaku akan proaktif memantau aktivitas di dalam platform terhadap penyalahgunaan. Kendati seluruh produk diunggah secara mandiri oleh pelapak, Tokopedia menyebut akan menjaga aktivitas dalam platform agar sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Saat ini kami terus menindaklanjuti laporan tersebut sesuai prosedur,” ucap External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, dikutip dari Antara, Rabu (07/10).

Serupa, Shopee pun akan enghapus Gedung DPR dari daftar produk yang dijual di platform tersebut.

“Kami telah memastikan semua produk terkait dan toko yang tidak sesuai dengan standard ketentuan penjualan produk di aplikasi kami, dan akan ditindaklanjuti untuk segera diturunkan, guna menjaga kenyamanan pengguna Shopee,” turur Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Shopee Indonesia Radityo Triatmojo.

(LH)

About author

Related Articles