ADdiction

Iklan Google Berpotensi Menurun di Kuartal Kedua

Addiction.id-Jakarta. Pendapatan perusahaan raksasa Google meningkat pada kuartal pertama 2020. Reuters melaporkan pendapatan induk usaha Google, Alphabet, pada tiga bulan pertama tahun ini mencapai US$ 41,2 miliar. Angka ini naik 13% dari periode yang sama tahun lalu.

Pendapatan tersebut melewati perkiraan analis. Perusahaan analis data Refinitiv memperkirakan pendapatan Google pada kuartal I 2020 sebesar US$ 40,29 miliar atau naik 10,87%.

Menurut Kepala Keuangan Alphabet Ruth Porat, pendapatan Google meningkat di semua layanan.  Penjualan iklan Google bahkan bisa tumbuh 10% dibanding tahun lalu menjadi US$ 33,8 miliar. Meskipun, hanya sedikit topik pencarian yang sifatnya komersial.

Kendati demikian, pendapatan diprediksi menurun pada kuartal selanjutnya lantaran penjualan iklan melambat selama pandemi virus corona (SARS-CoV-2). Pasalnya, pengiklan memang memangkas pengeluaran selama pandemi karena krisis ekonomi.

Beberapa analis memperkirakan penurunan penjualan iklan Google bisa mencapai 20% di kuartal mendatang.

“Kami mengantisipasi kuartal kedua akan menjadi sulit bagi bisnis periklanan kami,” ujar Porat, dikutip dari Reuters pada Rabu (29/4). 

CEO Alphabet Sundar Pichai memaparkan, kinerja iklan mengalami dampak yang besar pada Maret 2020 dibandingkan dua bulan sebelumnya. Namun, di bisnis lain mengalami peningkatan cukup signifikan selama pandemi.

Sundar mengakui Google digunakan lebih banyak orang selama pandemi corona. Demikian pula dengan YouTube. Unduhan di Google Play Store pun menaik 30% pada Maret dibanding bulan sebelumnya. (LH)

About author

Related Articles