ADdiction

Iklan Akan Bermunculan, Pengguna WhatsApp Ancam Hapus Akun

Addiction.id-Jakarta. Pada 2020 ini, WhatsApp akan menayangkan iklan pada fitur status WhatsApp atau WhatsApp Story. Sejumlah pengguna mengancam menghapus akun mereka. Demikian dilansir laman Metro.co.uk, baru-baru ini.

Layanan olah pesan paling populer di dunia ini memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna. Sejauh ini, WA telah menghindari memonetisasi pengguna setianya. Namun, pemilik WhatsApp yakni Facebook, berencana menghadirkan iklan. Hal itu telah  diumumkan beberapa bulan lalu.

Kendati Facebook akan mendapatkan banyak uang dari perusahaan yang memasarkan produk mereka di WhatsApp, rencana itu disusul dengan sejumlah pengguna yang mengancam akan menghapus akun mereka.

Pengamat industri media sosial Matt Navarra, mengunggah foto fitur baru WhatsApp yang mengandung iklan di akun Twitter-nya, @MattaNavarra pada 2019. Foto-foto itu menampilkan konferensi Facebook Memory Summit 2019 di Berlin, Jerman. Unggahan ini menuai banyak komentar negatif.

Iklan Status akan diluncurkan pada tahun 2020 dan menandai perubahan besar untuk WhatsApp, yang pernah bersumpah untuk tidak pernah memperkenalkan iklan sebelum diakuisisi oleh Mark Zuckerberg dengan nilai US$ 19 miliar (setara Rp 264 triliun) pada 2014.

Setelah Navarra membagikan gambar dari konferensi, pengguna WhatsApp segera mengancam untuk meninggalkan akun mereka. “Bagus. Saya yakin separuh pengguna akan beralih ke Telegram,” ungkap salah seorang menulis. Pengguna Twitter lain pun turut menambahkan, “Baiklah, selamat tinggal WhatsApp.”

Akun Twitter lainnya berkomentar dengan mempertanyakan rencana Facebook tersebut. “Kenapa sih, menurut Facebook ini ide yang bagus? Orang menggunakan WhatsApp untuk kontak profesional dan Facebook untuk kesenangan,” tulisnya.

Bahkan ada yang rela untuk membayar agar akun WhatsApp-nya tidak muncul iklan. “Saya tidak ingin iklan. Saya lebih suka membayar US$ 50 setahun untuk menggunakannya bebas iklan, sama seperti biasanya. Idiot,” tulis akun lain. (LH)

About author

Related Articles