ADdiction

Gojek-Moka, Percepat Pertumbuhan Pelaku Usaha

Addiction.id-Jakarta. Layanan jasa online Gojek mengakuisisi Moka, perusahaan startup teknologi yang menyediakan kasir digital di Indonesia. Kedua berintegrasi sebagai solusi terkait pembayaran, pengantaran makanan, dan sistem Point Of Sale (POS).

Kendati begitu, Moka akan tetap beroperasi sebagai merek sendiri. Hingga kini, 40.000 pebisnis di 200 kota Indonesia telah  menggunakan Moka untuk perangkat POS, sistem pembayaran, pembukuan, hingga pengadaan bahan baku, dan peminjaman modal usaha.

Sementara  Gojek, lewat layanan GoBiz, telah digunakan oleh lebih dari 500.000 pemilik usaha di Indonesia, di mana 96% dari angka tersebut merupakan UMKM.

Selama ini, pelaku usaha harus melakukan beberapa tindakan operasional secara terpisah pada aplikasi yang berbeda. Contohnya, mereka harus memproses pesanan offline menggunakan sistem POS dari Moka dan menerima pesanan GoFood melalui GoBiz.

Dengan akuisisi, keduanya bisa menggabungkan layanan sehingga akan ada  banyak usaha kecil melakukan migrasi ke sistem online dan memperkecil jarak antara platform offline dan online.

Lewat penggabungan seluruh layanan ini, Gojek bertujuan mempercepat pertumbuhan pelaku usaha melalui jasa pengiriman makanan online, pembayaran, promosi, dan di saat yang sama, mendukung kinerja operasional mereka melalui layanan POS, inventaris, dan perangkat manajemen.

“Di saat dampak COVID-19 semakin terasa, kita melihat bahwa bisnis-bisnis online memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan bisnis offline yang sangat tergantung kepada kedatangan fisik konsumen,” jelas Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo, Kamis (30/4/2020).

“Kami selalu berupaya untuk membantu lebih banyak bisnis offline menuju bisnis online untuk ikut mengembangkan ekonomi digital dan bekerja dengan Moka dan jaringan pelaku usahanya akan membantu kami untuk mempercepat terwujudnya misi ini,” pungkasnya.

About author

Related Articles