ADdiction

Gelar Acara Online di Zoom Bisa Dimonetisasi

Addiction.id-Jakarta. Popularitas Zoom tak diragukan lagi. Semenjak pandemi Covid-19 melanda, penggunaannya melejit. Layanan ini membantu penggunanya terkoneksi di masa jaga jarak sosial. Tak ayal bila banyak digunakan untuk bekerja, sekolah, hiburan, hingga lainnya.

Baru-baru ini, Zoom dikabarkan memulai pengujian beta yang memungkinkan penggunanya bisa menyelenggarakan dan memonetisasi acara online yang disebut OnZoom.

Melalui OnZoom, pengguna yang akan menggelar acara online di Zoom bisa menetapkan harga tiket untuk peserta yang akan bergabung di acara tersebut. Jika peserta sudah membeli tiket dan bergabung pada acara online tersebut, maka ia akan mendapat ruang pameran, kelas dan acara baru lainnya untuk dihadiri.

Pengguna bisa berpartisipasi langsung melalui Zoom dan membayarnya dengan kartu kredit atau akun PayPal. Pengguna pun memiliki opsi untuk menghadiahkan tiket OnZoom kepada keluarga, teman, dan kerabat lainnya.

Pihak Zoom mengatakan bahwa pihaknya tak akan memotong penjualan tiket selama pengujian beta ini yang diperkirakan akan terus berlanjut hingga akhir 2020, dilansir dari Endgadget, Kamis (15/10).

Kendati begitu, perlu dicatat, hanya pengguna Zoom berbayar saja yang bisa menyelenggarakan dan memonetisasi acara virtual saat ini.

Untuk diketahui, Zoom bukanlah satu-satunya perusahaan yang menggunakan konsep tersebut untuk menghasilkan uang. Pada September lalu, inkubator Area 120 Google merilis Fundo, yaitu aplikasi yang memungkinkan YouTuber dan influencer menggelar acara online berbayar.

(LH)

About author

Related Articles