ADdiction

dunyaxdunya Sulap Karya Penyandang Autisme Jadi Produk Fesyen

Addiction.id-Jakarta. dunyaxdunya merupakan sebuah brand yang memproduksi sejumlah perlengkapan fashion, seperti tas, jaket, scarf, dan lain sebagainya. Uniknya, proses produksi brand ini melibatkan anak penyandang autisme. Mereka menjadi pembuat ide kreatif berupa desain atau gambar, yang kemudian diimplementasikan untuk  produk tadi.

Brand ini didirikan oleh Dunya Mugijanto, orang tua dari seorang anak autisme, Reyandra.

Dunya mengatakan bahwa dirinya mendapat inspirasi mendirikan dunyaxdunya ketika ia tengah ibadah haji. Saat itu, ia memikirkan Reyandra remaja yang ia tinggal di Jakarta. Ia mempertanyakan apa yang bisa dilakukan anaknya jika ia memasuki dunia kerja.

“Dari situ, saya mau membuat suatu kegiatan untuk dia. Saya kemudian terpikirkan suatu wadah yang bisa menjadi tempat anak saya bekerja dengan segala batasannya, di mana dia bisa mengeksplor, bereksperimen, ekspresif, melalui segala karya yang dia hasilkan. Insyaallah bisa menjadi lapangan pekerjaan bagi anak-anak berkebutuhan khusus ini di masa mendatang,” jelasnya, seraya memaparkan visi dunyaxdunya, saat di acara peluncuran brand dan produk dunyaxdunya, di DGallery, Minggu (26/07).

Kemudian ia menambahkan, proses penemuan ide hingga peluncuran brand dan produk ini memakan waktu dua tahun.

Dunya mengaku, mulanya, dirinya hanya berfokus pada karya Reyan. Namun, ia melihat anak-anak penyandang autisme lain rupanya memiliki banyak potensi juga.

“Mereka ini akan dibantu oleh orang-orang yang supportif dan mampu menggali lebih dalam dan bakat mereka yang tersembunyi. Jadi sesuai visinya, dunyaxdunya juga bisa menjadi wadah bagi mereka untuk berekspresi,” ujarnya. 

Sebagaimana komitmennya, dunyaxdunya akan selalu bekerja sama dan berkolaborasi dengan seniman ataupun artis dari kalangan penyandang autisme.

Perihal penjualan produk, Dunya mengatakan bahwa semua produk brand ini dijual secara terbatas. “Ini dimaksudkan supaya mereka (penyandang autisme) semakin bisa dan semakin banyak yang berkarya, serta semakin banyak gambar yang ditampilkan. Setelah diolah menjadi produk, dikemas produk ini bisa dinikmati banyak orang. Tentunya dengan harga yang terjangkau,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dunya berpesan kepada orang tua untuk mencoba segala sesuatu dan jangan menyerah untuk mencari tahu potensi anak.

“Ibaratnya, anak ini sedang mencari harta karun. Jadi teruslah ikut bersama anak dengan memantau perkembangannya dan lain-lain. Tidak ada kata terlambat. Anak ini (berkebutuhan khusus) pasti punya sesuatu yang spesial dibalik keterbatasannya,” kata Dunya.

“Kitalah yang seharusnya berusaha dan membuka diri. Terkadang, orang tua justru terlalu fokus terapi agar anak ini mandiri dan lain-lain. Padahal, pencarian potensi si anak ini justru bisa menjadi pertolongan yang luar biasa untuk ke depannya nanti,” tutupnya.

Jika Anda berminat membeli produk brand ini, silahkan cek Tokopedia dan Instagram dunyaxdunya. Atau, bisa juga hubungi langsung melalui WhatsApp di nomor 087726081973.

Sebagai informasi, acara peluncuran brand dan produk ini disusul pameran lukisan karya anak-anak penyandang autisme. Acara ini digelar di Dgallery, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada 27 Juli hingga 2 Agustus 2020, pukul 10.00 hingga 19.00.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi juga di nomor pemesanan produk dunyaxdunya.

(LH)

About author

Related Articles