ADdiction

Diprotes Rasis, VW Tarik Iklan Terbarunya

Addiction.id-Jakarta. Iklan Volkswagen (VW), perusahaan otomotif Jerman, terbaru diprotes sejumlah pihak. Pasalnya, iklan berdurasi 10 detik ini dinilai rasis dan sensitif.

Iklan ini muncul di Instagram Story. Pada klipnya menampilkan tangan raksasa seorang wanita kulit putih, yang kemudian mendorong seorang pria kulit hitam untuk menjauh dari VW Golf kuning yang diparkir di jalan. Pria ini terhempas hingga ke kafe bernama “Petit Colon”–dapat diterjemahkan sebagai “pemukim kecil”, yang dinilai merujuk pada kolonialisme, Rabu (20/5).

Selain itu, para pengguna Instagram melihat tagline “der neue Golf” (Golf baru) yang hurufnya muncul secara bertahap. Ejaan akan terlihat jelas bila iklan dijeda pada momen yang pas. Hasil akhirnya, tersusun ejaan kata dalam bahasa Jerman yaitu n***er, yang merupakan cercaan ras.

VW mulanya tidak mengakui kesalahan. Perusahaan ini menjawab riuh protes dengan mengatakan bahwa protes tidak relevan. Pun mengaku menentang semua bentuk rasisme, xenofobia, dan diskriminasi.

“Seperti yang dapat Anda bayangkan, kami terkejut bahwa iklan Instagram kami bisa sangat disalahpahami,” kata VW.

Respons VW justru memicu kritik lagi. Ia dituduh tidak bertanggung jawab dan tidak tulus meminta maaf.

Pada akhirnya, Rabu (20/5), VW pun meminta maaf. “Tanpa keraguan: video itu salah dan tidak sensitif,” terangnya. Perusahaan mengaku mengerti mengapa orang-orang kesal karenanya.

“Kami menjauhkan diri dari hal ini dan meminta maaf,” katanya. Perusahaan mengaku siap menerima segala bentuk konsekuensi dan melakukan penyelidikan. (LH)

About author

Related Articles