ADdiction

Bukalapak Beri Sanksi Pelapak Nakal

Addiction.id-Jakarta. Penjual nakal online kerap membanderol harga masker dengan mahal di tengah pandemi Covid-19. Menanggapi hal itu, Bukalapak menindak pelapak nakal yang memanfaatkan situasi pandemi..

Hal itu disampaikan oleh Head of Corporate Communication Bukalapak Intan Wibisono, Rabu (25/3). “Kami aktif dan tegas telah menindak pelapak yang meraup keuntungan tak wajar, dan menghalangi akses masyarakat pada penggunaan alat kesehatan,” ungkapnya.

Intan mengatakan, tim khusus Bukalapak akan melakukan take down produk, setelah dideteksi secara otomatis oleh AI dan algoritma Bukalapak. Selain itu, take down juga berdasarkan laporan langsung dari pengguna lewat fitur Laporkan.

Lebih lanjut, Bukalapak menggaet BPOM untuk menertibkan pelapak yang sembarangan menjual Chloroquine. Kendati obat ini bisa membantu mengatasi COVID-19, namun penggunaannya tidak boleh sembarangan karena obat keras.

Bagi pelapak, lanjut Intan, take down produk merupakan sanksi sehingga pelapak kehilangan kesempatan berjualan.

“Dalam proses verifikasi dan konfirmasi, akan terlihat apakah ini adalah sebuah pola berulang untuk ditindak lebih lanjut,” tandasnya. (LH)

About author

Related Articles