ADdiction

Bisa Bayar SPP, LinkAja dan Dana Siap Bersaing Dengan GoJek

Addiction.id-Jakarta. Dua perusahaan dompet digital yakni LinkAja dan Dana bersiap membuka akses pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) di sekolah dan instansi pendidikan di Indonesia.

Langkah LinkAja dan Dana ini menyusul GoJek yang telah lebih dulu memiliki akses pembayaran SPP.

Head of Corporate Communication LinkAja Putri Dianita Ruswaldi mengungkapkan, pihaknya sedang merintis kerja sama pembayaran SPP di 45 kampus dan sekolah. Putri mengatakan, saat ini, Linkaja telah menyediakan jasa pembayaran di sejumlah kantin di sekolah dan universitas.

“Saat ini kami sudah hadir di ekosistem 25 kampus di seluruh Indonesia dalam bentuk pembayaran di kantin. Ke depannya tidak hanya SPP, LinkAja akan hadir sebagai uang elektronik di ekosistem kampus/sekolah,” ujarnya di Jakarta, Kamis (20/02).

Menurut Putri, kehadiran uang elektronik di institusi pendidikan merupakan titik awal bagi edukasi keuangan digital. Ia menilai, hal itu terjadi lantaran mayoritas pembayaran saat ini yang masih manual.

“Sebenarnya sudah banyak demand dari sekolah dan juga orang tua siswa untuk dimudahkan dalam pembayaran SPP. Adapun, selain SPP kami berpeluang membantu lebih jauh untuk digitalisasi ekosistem di universitas atau sekolah termasuk pembayaran denda perpustakaan, cloud printing, dan lainnya,” lanjutnya.

Sementara itu, Chief Communication Officer Dana, Chrisma Albandjar menjelaskan perusahaanya juga sedang menjajaki kerjasama dengan beberapa Universitas  di Indonesia, selain kerjasama sebagai metode pembayaran.

“Dana juga mengambil peran penting dalam pengembangan entrepreneurship di kalangan mahasiswa melalui kegiatan mentoring dan kuliah umum,”jelasnya.

Chrisma menyebut, tantangan layanan pembayaran saat ini adalah kesiapan infrastruktur telekomunikasi untuk menunjang tingkat layanan yang lebih tinggi agar tetap terhubung, tingkat literasi digital masyarakat dan tingkat kepercayaan terhadap uang digital.

Sebelumnya, Gojek telah mengumumkan layanan baru berupa jasa pembayaran sumbangan pembinaan pendidikan  (SPP) dan biaya pendidikan lain seperti buku, seragam, dan kegiatan ekstrakurikuler dengan GoPay melalui fitur GoBills.

Hal serupa juga dilakukan Ovo ketika menggandeng Tokopedia dalam menyediakan pembayaran kuliah berbasis digital di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Ovo bahkan menjanjikan bakal menyediakan  diskon pengembalian uang (cashback)pada periode-periode tertentu.

About author

Related Articles