ADdiction

Beberapa Pilihan Aplikasi Setelah ‘Cabut’ dari WhatsApp

Addiction.id-Jakarta. Sejak WhatsApp memaksa penggunanya berbagi data ke Facebook, banyak orang yang bermigrasi ke aplikasi lain yang serupa.

Signal
Misalnya, Signal. Migrasi ke aplikasi ini bahkan direkomendasikan oleh tokoh terkemuka seperti CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk. Pasalnya, Signal dinilai lebih aman karena menjaga privasi pengguna.

Aplikasi ini tak mencadangkan data di pihak ketiga sehingga semua data disimpan secara lokal di perangkat.

Signal bisa diunduh gratis di Android, iOS, iPad, Mac, Windows dan Linux.

Telegram
Alternatif lainnya yaitu Telegram. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengamankan obrolan rahasia. Perusahaan pun menggunakan infrastruktur terdistribusi untuk melindungi data yang tak tercakup oleh enkripsi end to end. Sehingga pengguna terlindungi.

Aplikasi Telegram bisa diunduh gratis dan bebas iklan untuk saat ini. Akan tetapi, Telegram baru-baru ini mengumumkan rencana monetisasi.

Viber
Selain itu, Viber. Aplikasi ini mendukung enkripsi end to end. Semua obrolan pun bisa dicadangkan ke Google Drive.

Aplikasi Viber juga bisa diunduh gratis, namun iklan bisa saja tampil—yang relevan, jika pengguna ingin memanfaat fitur tertentu dengan gratis.

Callind
Aplikasi Callind atau Calling merupakan karya anak bangsa. Kini bernama CakraTalk. Aplikasi ini mengakses data pengguna berupa kontak, lokasi, foto, kamera, dan koneksi internet di perangkat Android.

ChatAja
Kemudian ada ChatAja. Adapun aplikasi memiliki lima fitur utama yakni cloud native, berkas rahasia, jelajah, grup chat, dan manajemen file. Adapun data yang diakses aplikasi ini ialah kalender, mikrofon, ID perangkat, foto, sambungan WiFi, kontak, ponsel, lokasi, dan kamera.

Di Google Play Store, ChatAja sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali.

(LH)

About author

Related Articles