ADdiction

Banyak Iklan Menangkan Penghargaan, Indonesia Termasuk Negara Paling Kreatif di Asia

Addiction.id-Jakarta. Indonesia masuk di urutan kesepuluh sebagai Negara Paling Kreatif di Asia, berdasarkan majalah periklanan Campaign Brief Asia edisi khusus yang rilis di September, dikutip pada Jumat, 9 Oktober 2020.

Pemeringkatan itu berdasarkan hasil penilaian terhadap performa kreativitas agensi pada periode Maret 2018 hingga Juli 2020.

Campaign Brief Asia mengatakan bahwa pihaknya menghitung performa kreativitas berdasarkan jumlah penghargaan agensi di regional utama dan internasional, serta poin kemenangan di kategori apa pun—yang menjadi pertimbangan untuk menang. Metode pemeringkatan ini nyaris tidak berubah sejak pertama kali dilakukan pada 1995 lalu. 

Untuk diketahui, poin didapat dari 11 penghargaan internasional dan regional yang diadakan pada 2018 dan 2019, ditambah lima acara penghargaan yang berlangsung pada 2020 hingga Juli 2020. Poin dari 27 penghargaan ini kemudian dihitung secara keseluruhan dengan memakan waktu lebih dari 2 bulan.

Kemudian didapati bahwa agensi-agensi di Indonesia memenangkan 1.555 poin. Poin ini membawa  Indonesia masuk ke ranking sepuluh besar sebagi Negara Paling Kreatif di Asia.

Sebagai informasi, di urutan pertama ada Jepang dengan total 14.850 poin, lalu disusul Thailand (11.460), India (9.245), Cina (7.925), Filipina (5.940), Hongkong (5.500), Taiwan (4.620), Korea (3.780), Singapura (3.475).

Kemudian, setelah Indonesia, tercatat Pakistan dengan 1.475 poin. Lalu Malaysia (1.420), Sri Lanka (435), Banglasdesh (360), dan Vietnam (150).

(LH)

About author

Related Articles