ADdiction

Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi, Facebook Helat Rakit Bangkit

Addiction.id-Jakarta. Pandemi Covid-19 memberi efek domino pada segala aspek kehidupan di nyaris semua negara di dunia, termasuk Indonesia. Semua lapisan masyarakat pasti mengalami masa sulit karenanya.

Menimbang situasi seperti itu, Facebook berinisiatif membantu mereka yang terdampak pandemi agar tetap bertahan. Salah satu upayanya yakni dengan menggelar acara Rakit Bangkit.

Revie Sylviana, Kepala Kemitraan Konten Hiburan untuk Facebook di Indonesia, menuturkan bahwa acara ini akan menghadirkan banyak kreator, komunitas dan praktisi guna membagikan pengetahuan secara virtual.

Adapun acara Rakit Bangkit ini akan disiarkan di Halaman Facebook App Indonesia pada 30 Oktober sampai 1 November nanti.

“Di rangkaian selama tiga hari ini kita akan membahas berbagai topik yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan keahlian dan memberi dampak positif ke masyarakat,” ujar Revie di konferensi pers virtual, Rabu (28/10).

Menurut keterangan dia, Rakit Bangkit akan membesut topik berbeda setiap harinya.

Pada hari pertama, hadir pembicara Raffi Ahmad, Ariel Tatum, dan Luna Maya. Mereka akan berbagi tips tentang kesehatan mental untuk mempersiapkan diri menjalani kehidupan yang baru.

Di hari selanjutnya, akan ada sesi berbagi keterampilan. Di sini akan hadir Atta Halilintar, YouTuber Hobby Makan, Chef Arnold Poernomo, dan lainnya. Hadirnya sesi ini diharapkan bisa membangun bisnis dan menghasilkan uang di rumah selama pandemi.

Terakhir, Rakit Bangkit akan membahas tentang cara memberdayakan Facebook, WhatsApp dan Instagram untuk melatih kemampuan dan keterampilan baru. Di sini turut hadir Samuel Ray, Komunitas Teknisi Ponsel Indonesia dan Komunitas Sharing, Yuk!. Kemudian ada penampilan juga dari penyanyi Raisa Andriana.

Sebelumnya, kata Revie, Facebook pernah mengadakan acara seperti Rakit Bangkit di India dan Vietnam. Untuk acara perdana di Indonesia ini, Facebook membesut tema kontekstual, yang sesuai dengan tantangan hari ini.

Selain itu, Facebook pun mengundang masyarakat untuk berdonasi di Kitabisa.com, yang kemudian akan disalurkan ke Rumah Gemilang Indonesia.

“Programnya difokuskan untuk memberi pelatihan bagi jutaan pemuda pengangguran di Indonesia di berbagai kota sehingga mereka nanti dananya akan disalurkan dalam bentuk pelatihan untuk meningkatkan keahlian misalnya fotografi, kemontiran, kelistrikan, fashion dan lain-lain,” ungkap dia.

(LH)

About author

Related Articles