ADdiction

Apple App Store Lakukan Penyesuaian Harga di Sejumlah Negara

Addiction.id-Jakarta. Pada Selasa (27/10) ini, Apple mengumumkan pihaknya akan menaikkan harga App Store dalam beberapa hari ke depan di sejumlah negara–yakni di Brasil, Kolombia, India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan.

Perubahan harga itu tentu saja berdampak pada aplikasi dan pembelian dalam aplikasi. Kendati demikian, Apple belum memastikan apakah layanan seperti Apple Music dan iCloud juga akan mengalami perubahan harga.

Secara singkat, Apple secara singkat menjelaskan bahwa perubahan harga itu karena nilai tukar mata uang lokal, serta kenaikan pajak. Apple pun mengingatkan hal ini kepada para developer.

“Saat pajak atau nilai tukar mata uang asing berubah, terkadang kami perlu memperbarui harga di App Store. Dalam beberapa hari ke depan, harga aplikasi dan pembelian dalam aplikasi (tidak termasuk langganan yang dapat diperpanjang secara otomatis) di App Store akan naik di Brasil, Kolombia, India, Indonesia, Rusia, dan Afrika Selatan,” ujar Apple melalui laman resminya.

Lebih lanjut, Apple mengatakan bahwa di India, secara khusus, penyesuaian ulang harga yang dilakukan mencakup pungutan pemerataan sebesar 2% di samping pajak barang dan jasa sebesar 18%.

Sementara di Indonesia, ada pajak 10% yang baru diterapkan untuk developer asing.

Perubahan harga itu pun berlaku pula di Islandia dan Albania, guna menyesuaikan dengan harga yang digunakan di pasar lain yang menjual dalam dolar AS dengan pajak pertambahan nilai.

(LH)

About author

Related Articles