ADdiction

Aplikasi AI Dikembangkan, Iklan Bisa Menyasar Pengguna dengan Tepat

Addiction.id-Jakarta. Baru-baru ini, sistem otomatis untuk produksi iklan digital telah dikembangkan oleh Tim Peneliti Lintas Disiplin NTHU, yang dipimpin oleh Professor Wu Shan-hung dari Departemen Ilmu Komputer, Profesor Liu Yi-wen dari Departmen Teknik Elektro, dan Kepala/Ketua Profesor Chang Cheng-shang dari Institut Teknik Komunikasi .

Dilansir Antara pada Rabu (18/3), sistem ini menghasilkan gambar dan musik, yang dapat disesuaikan saat membuat iklan. Dengan begitu, dapat meminimalisasi waktu dan biaya untuk produksi iklan.

Wu dan Chang merancang aplikasi conditional generative adversarial network (CGAN). Dengan rancangan ini, iklan bisa dihasilkan berdasarkan informasi dari internet dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI).

Setelah itu, spesialis periklanan tinggal mengedit iklan dan menambahkan sentuhan akhir.

Wu menerangkan, aplikasi ini menganalisis jejaring sosial yang menentukan elemen paling populer. Juga mencari tahu preferensi pengguna. Dengan begitu, iklan digital yang sekiranya menarik bagi pengguna bisa dimunculkan, dan tata letak layar akan dioptimalkan. Misalnya, pengguna memasukkan foto set tempat tidur, sistem secara otomatis akan menghasilkan berbagai iklan yang menyoroti karakteristik unik tempat tidur.

Selain itu, aplikasi ini pun dapat memunculkan iklan dengan model. Contohnya, pengguna memasukkan foto Keanu Reeves dari fitur-fitur aplikasi ponsel. Sistem ini nantinya akan menggabungkan fitur-fitur ini–sesuai karakteristik mata, hidung, dahi, dan sebagainya–sehingga akan menunjukkan gambar baru dengan karakteristik serupa. (LH)

About author

Related Articles