ADdiction

10 Atlet Bintang Iklan Dengan Bayaran Terbesar

Addiction.id-Jakarta.Tak hanya kejayaan di lapangan yang bisa didapat atlet top kelas dunia. Seiring prestasinya, mereka juga mampu memperoleh pendapatan super melimpah.

Menariknya, bukan pendapatan rutin dari klub yang menjadi income terbesar. Bagi para juara itu, pemasukan terbanyak justru mereka dapatkan sebagai bintang iklan dan endorser.

Para atlet juara itu memang memiliki pendapatan iklan yang luar biasa. Beberapa bahkan melebihi gaji yang didapat setiap bulannya.

Tengok saja pegolf asal Amerika Serikat, Tiger Woods, merajai peringkat atlet dengan penghasilan tertinggi di tahun 1990an. Ia menempati posisi puncak selama 12 tahun berturut-turut dengan kekayaan mencapai USD64 juta.

Tahun 2019, Woods terpental dari sepuluh besar atlet terkaya. Ia menduduki peringkat ke-11 dengan kekayaan total USD63,9 juta. Pendapatan Woods terbesar justru berasal dari sponsor yakni USD54 juta.

Beberapa waktu lalu, Forbes merilis 10 atlet berpenghasilan tinggi pada tahun 2019. Bintang sepakbola klub Barcelona, Lionel Messi, berada di posisi pertama dengan meraup pendapatan  mencapai USD127 juta atau sekitar Rp1,8 triliun. Besaran tersebut terdiri dari gaji USD92 juta dan iklan USD35 juta.

Namun, Messi bukanlah atlet yang meraih penghasilan tertinggi dari sponsor. Posisi pertama justru diraih pemain tenis asal Swiss, Roger Federer. Peringkat ke-5 atlet terkaya ini memiliki kekayaan sebesar USD53 juta dari sponsor. Sementara total kekayaan Federer sebesar USD93,4 juta.

Petenis peringkat ke-5 dunia ini menjadi bintang iklan dan endorser dari Credit Suisse, Jura, Lindt, Mercedez, Moet & Chandon, NetJets, Rolex, Sunrise, dan Wilson. Setelah mengakhiri kerjasama dengan merk terkenal Nike, Federer meneken kontrak dengan perusahaan Jepang, Uniqlo, senilai USD300 juta selama 10 tahun

Berikut daftar atlet peraih iklan terkaya versi Forbes:

  1. Roger Federer (tenis): USD86 juta
  2. LeBron James (basket): USD53 juta
  3. Christiano Ronaldo (sepakbola): USD44 juta
  4. Stephen Curry (basket): USD42 juta
  5. Phil Mickelson (golf): USD36 juta
  6. Kevin Durant (basket): USD35 juta dan Lionel Messi: USD35 juta
  7. Kei Nishikori (tenis): USD33 juta
  8. Rory Mcilroy (golf): USD31 juta
  9. Novak Djokovic (tenis): USD 30 juta dan Neymar (sepakbola): USD30 juta
  10. Jordan Spieth (golf): USD29 juta

About author

Related Articles